Istilah Penting Dalam Twitter Beserta Pengertiannya Yang Harus Kita Ketahui

daftar istilah dan kata dalam twitter dan pengertian penjelasannya
Ingat ketika anda pertama kali bermain jejaring sosial Twitter ? Yap, terbayang pula bagaimana kita menjumpai berbagai istilah baru dalam twitter yang masih asing bagi kita. Mungkin saja itu karena kita masih baru mencoba akrab dengan media sosial populer selain Facebook ini. Bahasa twitter yang paling akrab dengan telinga kita mungkin hanyalah followers/pengikut,follow,tweet dan itu-itulah.

Setelah semakin lama mencoba hangat dengan dunia twitter, kita akan menjumpai berbagai kosakata baru yang belum kita ketahui. Tentunya malu bukan bila kita nantinya ditanya temen. Timeline elu rame amat bro ? | Temlen itu apa yak ? | *ekk *katro' lu cuk!. Nah disini saya akan memberikan beberapa penjelasan mengenai istilah baru dalam twitter yang harus anda sekalian ketahui. Lengkap !

1. Timeline (TL)
Jadi, timeline/TL adalah sebuah halaman yang berisi seluruh tweet dari orang orang yang sudah anda follow / ikuti. Timeline sudah diatur demikian dengan menampilkan tweet secara berurutan, setiap tweet baru dari orang yang anda follow akan otomatis ter-refresh dan ditampilkan pada posisi paling atas.

2. Tweet
Pengertian tweet adalah setiap update status yeng berisi kurang dari 140 huruf. Tweet ini apabila dipublish juga akan dapat dilihat orang lain. Tweet bisa berisi apa saja, motivasi, kata mutiara, berita, fakta, dll. Anda pun bisa mengunggah foto melalui fasilitas tweet ini.
Sebenarnya anda bisa membuat tweet lebih dari 140 karakter dengan menggunakan aplikasi khusus seperti Writelonger, Twitlonger, SocialScap, dll.

3. Follower (Pengikut)
Orang orang yang mengikuti suatu akun karena suatu alasan. Bisa karena memang ingin berteman dengannya, ingin memperoleh update terbaru, ataupun kabar artis terbaru. Biasanya akun dengan tweet yang menarik lebih memikat orang lain untuk memfollownya, sehingga akunnya akan punya banyak followers.
Setiap update apapun dari anda, juga akan bisa dilihat oleh setiap follower anda melalui timeline mereka.

4. Following
Setiap akun orang lain yang anda ikuti. Setiap update tweet orang yang anda follow akan terlihat pada timeline anda. Sehingga anda bisa mengikuti aktivitas dan update terbarunya.

5. Unfollow
Unfollow adalah peristiwa memberhentikan hubungan follow terhadap akun lain. Unfollow akun lain membuat anda tidak lagi mendapat update tweet dari orang tersebut. Sehingga jumlah follower akun orang tersebut akan otomatis berkurang.
Unfollow massal juga berdampak bahaya bagi akun anda, akun anda akan mendapat suspend dari pihak twitter.

6. Retweet (RT)
Retweet merupakan aktivitas memforward/meneruskan tweet dari orang lain yang dianggap menarik atau penting untuk dibagikan kepada pada followers anda. Retweet ini lebih baik daripada anda harus mengkopi tweet orang lain tanpa mencantumkan sumbernya.

7. Favorite
Pengertian favorite adalah memberi 'gelar' favorite pada tweet orang lain yang anda anggap sangat mengesankan, entah itu spesial atau sekedar diabadikan. Karena setiap tweet yang anda favoritkan akan terkumpul dalam daftar favorite pada akun anda. Favorite ini ditandai dengan logo bintang warna emas.

8. Mention
Untuk menyebut nama orang lain, beri mention kepada dia. Pengertian mention sendiri adalah kita mencantumkan nama akun orang lain (@akunorang) dalam tweet kita. Sehingga orang yang dimention akan tahu tweet yang anda kirimkan. Bila anda mendapat mention dari orang lain, pemberitahuannya muncul pada tab notification.

9. Hashtag
Arti dari hashtag sendiri adalah suatu topik tertentu yang ditandai dengan tanda pagar (#). Dengan fitur hashtag, kita dapat dengan mudah mencari kata kunci yang diinginkan.

10. Trending Topics (TT)
Trending topics adalah kumpulan topik tertentu yang banyak dibicarakan dalam tweet banyak orang. Trending topik ini berisi beberapa topik dan hashtag tertentu. Topik atau berita yang trends di dunia disebut TTWW (trending topics world wide), sedangkan yang populer di Indonesia akrab disebut TTI (Trending Topics Indonesia).

11. Direct Message (DM)
DM sama dengan fitur pesan/message pada Facebook. Jadi kita bisa saling berkirim pesan tanpa diketahui orang lain, karena dalam DM pesan hanya dikirim 2 arah. Kita hanya bisa mengirim pesan hanya pada akun yang kita follow, dan tentunya dengan batas 140 karakter.

12. Suspend
daftar istilah penting dalam twitter dan pengertian penjelasannya

Pengertian suspend adalah dibanned nya akun twitter seseorang akibat diduga menyalahi TOS dari pihak twitter sendiri. Akun yang terkena suspend tidak akan bisa dibuka kembali oleh pemiliknya (diblokir). Banyak penyebab disuspendnya akun, yang paling umum adalah orang trersebut melakukan spam dan memajang konten dewasa yang tidak sesuai aturan.

13. Limit
Istilah limit digunakan apabila seseorang tidak bisa membuat tweet selama beberapa saat.  Twitter limit karena seseorang terlalu banyak membuat tweet hingga lebih dari 100 tweet per jamnya. Hal ini guna menghindari penuhnya server twitter yang dulu sering terjadi dan mengakibatkan twitter mengalami gangguan beberapa saat.
Untuk mengatasinya, orang orang biasanya menggunakan trik dengan membuat tweet seperti "#LIMIT bantu RT dong !!!". Namun perlu diketahui cara itu tidak akan membantu apapun, lebih baik tunggu saja hingga berfungsi normal kembali. Biasanya dari 15 menit sampai 1 jam.

14. Avatar (Ava)
Avatar atau ava adalah sebutan bagi foto profil yang dipakai oleh penggunanya. Foto ini bisa diatur sesuka hati. Asal jangan pasang foto bug*l bila tidak ingin di suspend.

Itulah sudah 13 istilah umum lengkap dengan penjelasannya yang mungkin akan anda dengar bila masih baru bergabung dalam twitter.Sehingga, bila nanti ditanya temen tidak malu lagi kalau tidak tau arti istilah-istilah dalam twitter seperti mention, timeline,limit dan sebagainya.

1 Response to "Istilah Penting Dalam Twitter Beserta Pengertiannya Yang Harus Kita Ketahui"

  1. Wah banyak juga ya, tapi jadi sedikit mengerti tentang istilah twitter yang ane cari terutama yang bertanda #@ RT, thanks gan informasinya sangat membantu

    BalasHapus

Mohon untuk berkomentar dengan sopan dan tertib, serta untuk tidak melakukan spamlink ataupun promosi, karena semua itu ada tempatnya. Regards !!