Jumpa Lagi Dunia Blogger !

CaraRobot - Setelah sekian lebih kurang 5 bulan saya vakum dari dunia blogger. Hari ini saya putuskan kembali ke dunia yang pernah membantu saya menemukan jati diri saya sebagai online businessman. Atau 5 bulan dari tanggal 26 kemarin, tepatnya 26 Desember 2013, saya memutuskan untuk berhenti dari blogging demi ujian akhir sekolah saya.

Aktivitas blogging ini sejujurnya juga banyak membawa dampak positifnya bagi saya pribadi. Masalah keuangan saya sedikit terbantu, kreatifitas saya dalam merangkai kalimat juga sedikit banyak telah membantu saya dalam mengerjakan tugas sastra seperti B. Indonesia ataupun Inggris. Saya juga mendapat banyak teman baru dari blogger-blogger Indonesia lain yang pernah kita saling membantu, memberi petunjuk dan bahkan saling bully-membully tatkala ada 1 atau lebih anggota blogger yang dirasa sedikit bersikap sombong ataupun besar bicara.

Dari sekian keuntungan yang saya peroleh, juga tak kalah banyak dampak - dampak negatif yang menyertai hobi saya yang satu ini. Waktu itu pada saat lagi puncak puncaknya mood ngeblog. Hampir dari pagi sampai malam saya tak memalingkan pandangan dari layar maya komputer saya. Tak mengangkat tubuh saya dari kursi yang berbunyi merdu saat saya bergerak ini. Untuk apa ? Bagi blogger ya buat apa lagi kalau bukan cari backlink. Memanage iklan, menata blog, menulis artikel dan berdiskusi dengan blogger lain di forum.

Hampir waktu 1 minggu libur saya manfaatkan sebaik-baiknya (mungkin lebih) untuk ngeblog. 2/3 waktu saya gunakan untuk blogging. Ya, inilah kenikmatan tersendiri dari blogging. Waktu banyak yang saya sia - siakan. Hampir saya tidak pernah bermain dengan teman lagi, dulu sebelum mengenal blogging, tak pernah saya tinggal di rumah sehari saja saat liburan. Sebaliknya dengan waktu itu, full time blogging !

Waktu itu saya memutuskan berhenti ngeblog. Dengan pertimbangan yang benar benar matang, blog yang saya kelola sehidup semati akhirnya saya jual ke orang lain dan alhamdulillah. Berkat benda maya yang saya besarkan hampir 3 bulan itu saya berhasil membeli sebuah smartphone yang inisialnya S (jangan bilang keras keras kalau merknya Samsul eh Samsung ! Takut dikira promo) ... krik ... krik ... krik. Tak lucu memang :(

Dan akhirnya saya mencoba beralih profesi sebagai freelancer di elance.com. Penghasilan yang saya dapat juga tak bisa sebanding dengan blogging. Karena harus saya bagi hasil dengan pihak elance. Alasannya saya memilih elance mudah saja. Disini saya tak perlu mengenal lagi yang namanya backlink, SEO ,sandbox, SERP , CSS atau apalah kamus blogger itu. Yang saya lakukan hanya mengetik makalah pesanan client yang dihargai sekitar @$5. Ya sebandinglah, saya hanya sekitar 2-3 jam di internet. Tak seperti blogging yang full day di depan layar. Yang penting bisa membantu meringankan beban saya, uang jajan dan uang sekolah sudah tiga perempat saya tanggung.

Namun, hal mengejutkan saya terima dari pihak elance. Akun saya yang baru berusia 5 bulan yang juga saya besarkan dengan susah payah ("suatu akun harus memperoleh rate value yang tinggi, sehingga dalam mencari job dan client lebih mudah, kepercayaan klien lebih tinggi terhadap akun yang ber-rate value tinggi. Dimana rate value itu diberi oleh setiap client yang sudah diselesaikan pekerjaannya".). Akun saya terkena banned, oleh pihak elance.

%$#&%#SHit  ! Bajingan < Keparat,, ;( Bangkai hidup loe elance!

Email banned itu saya terima siang hari yang panas tanggal 12 Mei lalu. Lantas, apa penyebab terbannednya akun saya ? Itulah yang sampai saat ini masih saya bingungkan. Saya coba baca TOS nya elance. Dan disitu tertera, 'jumlah permintaan pekerjaan perklien tak boleh lebih dari 10 perhari' begitu seingat saya. Sedangkan dulu saya sering meminta dan mengkonfirmasi sekitar 50 job perharinya. Mungkin itu penyebabnya !

Sekarang tinggal 2 pilihan lagi. Lanjut freelancing atau kembali ngeblog ? Dan saya putuskan memilih .... ngeblog lagi. Membangun segalanya dari awal. Mulai dari awal dan benar benar awal. OK, kembali mau tak mau harus berhadapan dengan SEO, CSS, backlink, keyword dan adik-adiknya. Kata kebanyakan blogger professional, FOKUS !!!

Mungkin sampai disini poting pembuka di Blog CARAROBOT. Apabila terdapat salah pencet keybord yang menggangu anda, tetaplah itu bukan dari hati saya. Saya mohon maaf. Terimakasih !

3 Responses to "Jumpa Lagi Dunia Blogger !"

Mohon untuk berkomentar dengan sopan dan tertib, serta untuk tidak melakukan spamlink ataupun promosi, karena semua itu ada tempatnya. Regards !!