8 Tips Yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli Smartphone

Di saat ini, seiring perkembangan teknologi. Ribuan bahkan jutaan smartphone beredar di pasaran tiap harinya. Ponsel ponsel tersebut hadir dengan beragam fitur yang bervariasi den beragam. Mulai dari spesifikasi, fitur, beserta keunggulan dan kelemahannya siap menyambut para pemburu smartphone. Dari sekian banyak jenis smartphone, ponsel yang berbasis OS android tetap menjadi primadona bagi para peminatnya. Diikuti dengan OS ciamik lain seperti iOS dan Windows Phone semakin meramaikan pangsa smartphone di pasaran.

Baca juga :

Nah, agar semakin memuaskan para peminat smartphone, kami akan menghadirkan beberapa panduan mengenai tips memilih smartphone baru ataupun bekas/second yang tentunya berkualitas dan ramah dengan kantong alias murah. Agar tidak tertipu dengan produk yang abal-abal, produk cina yang berselimut 'korea', berikut cara memilih smartphone terbaik yang sesuai dengan kebutuhan anda.

1. Pilih jenis smartphone yang sesuai dengan kebutuhan dan keuangan anda

Banyak orang yang belum mengerti hal ini, mereka dengan bangganya membeli smartphone dengan spek tinggi yang tentunya berharga mahal. Padahal, untuk saat ini kebutuhan utama seseorang rata-rata dalam hal penggunaan smartphone mungkin hanyalah penggunaan sosial media, browsing, chatting dan penggunaan wajar ponsel lainnya.

Coba bayangkan, kita membeli smartphone dengan kualitas kamera yang highdefinition, seperti Samsung Galaxy S5, namun dalam penggunaan sehari-hari pemakaiannya hanya seperti smartphone seperti umumnya. Nah, dalam hal ini penyesuaian dengan kebutuhan sangat kentara untuk diperhatikan. Lebih baik membeli smartphone dengan kualitas kelas menengah, namun dengan harga yang terjangkau kantong. Saya juga tidak memaksa bila anda memang berkecukupan.

2. Tentukan Ponsel Incaran Anda Dengan Sebaik-baiknya

Penting. Tentukan smartphone incaran anda terlebih dahulu sebelum membelinya. Anda bisa browsing dan cari informasi mengenai harga dan spesifikasi ponsel keluaran terbaru di Google. Anda kalkulasikan dulu antara perkiraan harga yang sesuai, ya mengingat harga smartphone itu berbeda-beda dan dari bulan ke bulan biasanya selalu mengalami penurunan (sebenarnya juga melihat kebutuhan pasar) rata-rata 100-200 ribu. Amati betul betul spesifikasi ponsel incaran anda, apakah sudah memenuhi hasrat ataukah belum.

Tentukan juga beberapa smartphone alternatif jika ponsel utama yang anda target belum ada atau memang justru telah kehabisan stok di pasaran. Kemudian jika anda sudah mantap dengan pilihan anda, cobalah untuk hunting ke outlet smartphone terpercaya terdekat.

Sekarang, mari lihat tips mengecek ponsel yang akan anda beli agar semakin puas dengan handset baru anda :

1. Cek Kelengkapan Smartphone Anda

Penting untuk mengecek kelengkapan piranti pendukung ponsel anda. Jangan sampai ada yang tertinggal atau belum dimasukkan ke dus. Lebih dahulu cek kelengkapan dus/box, seperti buku manual penggunaan, headset, charger orisinil (bersegel) dan kabel data. Segera bilang ke pihak penjual apabila didapati kekurangan perlengkapan. Setelah semuanya lengkap, minta ke penjual untuk mengetes kelengkapan bawaan seperti charger dan headset.

2. Cek Keaslian Segel Ponsel dan Status Garansinya

Ini sangat penting. Telitilah keaslian segel ponsel, jika pada kertas segel (biasanya dilekatkan pada salah satu baut pengikat bodi ponsel bagian dalam) sudah nampak rusak atau bahkan hilang. Jangan terima ponsel tersebut apapun yang dikatakan oleh sang penjual. Karena bisa jadi salah satu komponen penting di dalamnya sudah ditukar dengan komponen kualitas KW yang dapat menurunkan performa ponsel anda.
Jangan lupa, periksa status garansinya. Pastikan ponsel anda sudah dijamin garansinya oleh pihak vendor. Masa garansi ponsel minimal 1 tahun. Bila dibawah itu, patut dipertanyakan status garansi calon ponsel anda.

3. Amati Baik - Baik Kondisi Fisiknya

Amati dengan teliti kondisi fisik calon ponsel anda. Jangan sampai ada bekas goresan pada body ponsel, bezel maupun pada layar. Walaupun lecet itu tidak mempengaruhi apapun, tapi ya gengsi bukan ? Masa' ponsel baru belum dipakai sudah lecet.
Cek juga bagian baterainya, apakah masih asli dari vendor ataukah sudah diganti dengan baterai lain yang kurang berkualitas, mengingat baterai merupakan salah satu bagian penting dalam ponsel.

4. Lihat keaslian nomor IMEI-nya

Kode IMEI merupakan kode khusus yang diberikan vendor pada masing-masing smartphone buatannya. Tidak ada ponsel yang memiliki kode IMEI sama di seluruh dunia. Cek keaslian kode IMEI antara pada smartphone (atau dengan tekan *#03#, lalu Call) dengan yang tertera pada dosbox nya.

5. Uji Coba Fitur, Aplikasi Dan Fungsi-Fungsi Lain Pada Smartphone

Setelah semua sudah selesai anda cek satu-persatu. Sekarang lari pada perangkat lunak ponsel itu sendiri. Uji coba ponsel anda dan gunakan fitur dan aplikasi penting pada smartphone anda, seperti kamera atau memory cardnya. Bila boleh, minta kepada penjual untuk menginstalkan beberapa aplikasi atau game untuk sekedar mencoba fungsi ponsel itu sendiri.

Demikianlah beberapa tips yang wajib anda baca sebelum memutuskan untuk membeli smartphone atau android yang anda inginkan. Semoga membantu anda semua agar lebih puas dan tidak kecewa dalam memilih smartphone terbaik untuk anda sendiri.

13 Responses to "8 Tips Yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli Smartphone"

  1. kebetulan ane mw bli gan trimakasih info nya bermanfaat

    BalasHapus
  2. wah bermanfaat banget gan , kbetulan saya lagi pingin beli smartphone :D , info yang bagus (y)

    BalasHapus
  3. tips yang sangat bermanfaat bagi saya vrooh. agar tidak menyesal setelah membeli handphone :)

    BalasHapus
  4. wah, pas bngt, ane ada duit di tabungan buat beli nih :D

    BalasHapus
  5. tips nya jitu nih gan, harus di terapkan yang mau beli gadget baru (y)

    BalasHapus
  6. Mantap tipsnya,,

    mampir juga ya di infostore.co.id, situs yang menyediakan fasilitas iklan produk gratis.

    BalasHapus
  7. FENOMENA UANG GAIB NYATA 2016
    CEK DI SINI >>>http://kisultan.blogspot.co.id/2016/03/fenomena-uang-gaib-nyata-2016.html

    BalasHapus
  8. FENOMENA UANG GAIB NYATA 2016
    LIHAT DI SINI >>> www.kisultan.blogspot.co.id

    BalasHapus
  9. FENOMENA UANG GAIB NYATA 2016
    LIHAT DI SINI >>> www.kisultan.blogspot.co.id

    BalasHapus
  10. FENOMENA UANG GAIB NYATA 2016
    CEK DI SINI >>>http://kisultan.blogspot.co.id/2016/03/fenomena-uang-gaib-nyata-2016.html

    BalasHapus

Mohon untuk berkomentar dengan sopan dan tertib, serta untuk tidak melakukan spamlink ataupun promosi, karena semua itu ada tempatnya. Regards !!